Pengajuan Visa Korea untuk Freelance 2018






Hai semuanya , setelah awal taun kemarin gw buat passport. Now, gw bakal share pengalaman gw apply visa korea untuk freelance kaya gw. Oke sedikit info gw adalah emak emak anak 1 yg kerja di CV nya mertua gw. Kebetulan CV mertua gw itu bergerak dalam bidang jasa IT. Jadi singkatnya mertua gw buat program payroll dan program tersebut dibeli lah sama perusahaan, nah kebetulan banget HRD nya cuma1 jadi dia ga bisa handle program gaji itu sendirian. Dan akhirnya gw masuk untuk membantu tugas HRD tersebut. Sekian perkenalan pekerjaan gw , kita lanjut ke apa sih hal yang pertama lu lakuin kalo mau ngajuin visa . Based on my real story ya . .

1. Form Aplikasi Visa Korea
Ini hal yang paling mudah banget, kalian tinggal print form aplikasi nya disini. Abis itu isi yg jujur ya, kalo kalian masi  nganggur ya jujur aja, kalo kalian masi jomblo ya jujur aja yg penting bisa move on dari mantan, ehh Ga susah sih buat isi form ini, ya pokonya masih gampangan nulis form visa Korea dari pada isi Buku Nikah :D

2. Paspor
Fotokopi bagian paspor paling depan yang ada pas foto kitanya. Kalau kalian pernah keluar negeri bisa juga difotokopi halaman yang ada stempel dari negara lain. Kalo gw, paspor gw masi bersih cuy alias baru bikin awal taun 2018.

3. Pas Foto
Kalian wajib buat pas foto dengan background putih dengan ukuran 35mmx45mm. Kalo kalian ribet atau males foto lagi kalian bisa edit pas foto terbaru kalian dengan background putih. Waktu itu gw udah terlanjur cetak yg uk 4x6 akhirnya terniat banget gw potong sendiri tuh pas foto,


4. Bukti Keuangan (Rekening Koran, Surat Referensi Bank & SPT)
Pastikan kalian punya duit buat pergi ke Korea ya , jangan sampe ga ada tabungan di rekening. Jumlah tabungan anggep aja $100 dikali masa tinggal kalian disana. Semisal kalian pengen seminggu disana pastikan punya tabungan dengan jumlah tersebut. Setelah punya tabungan dan isinya kalian bisa print rekening koran 3 bulan terakhir dan wajib di stamp oleh Bank tsb. Kalo bisa kalian juga minta surat referensi bank dengan tanda tangan pejabat bank tsb. Sebagai info waktu itu gw ngajuin surat referensi bank di Bank BCA KCU Cikarang dan KCP Jababeka mereka mensyaratkan saldo minimal 20 juta di rekening. Sedangkan gw cuma punya setengah dari itu. Setelah gw tanya ke Halo BCA kata cs nya tergantung kebijakan di masing masing cabang tersebut. Akhirnya gw pas D-Day mau ke Embassy, gw mampir bentar ke Bank BCA KCU Bekasi dan finally mereka cuma minta minimal saldo 5 juta aja gaes. Uhh rasanya tuh lega banget pokonya, sebisa mungkin kalian harus melengkapi persyaratan yang ada ya.

Syarat lainnya untuk membuktikan kalian punya penghasilan yaitu punya SPT. Sebagai freelance yg pendapatannya pas pas an, gw dengan berbesar hati waktu itu bikin SPT online. Gw lupa lupa inget yg jelas gw ngisi sendiri waktu itu, kalo kalian ga punya SPT kalian bisa buat surat pernyataan tidak punya SPT dengan materai yang ditanda tangani.

4. Surat Keterangan Kerja
Bagi yang  bekerja di perusahaan mungkin aga gampang lah ya , tinggal minta ke HRD aja. Nah untuk gw sebagai freelance waktu itu gw bikin surat keterangan kerja sendiri pake bahasa Inggris dan yang tanda tangan mertua gw :D waktu itu gw nyertain SIUP CV mertua gw dan Slip Gaji bulan sebelumnya yg gw bikin sendiri.



6. Foto Copy KK, Akte Kelahiran, Buku Nikah, Surat Ijin Suami
Buat kalian yang udah menikah tapi tidak bekerja wajib banget ngelengkapin syarat ini. Sertakan surat ijin suami dalam bahasa Inggris dbubuhi materai dan tanda tangan suami. Jangan lupa fotokopi buku nikah di bagian foto dan yg dilembar kedua. Kalo perlu bawa buku nikah yg aslinya, pengalaman gw staf kedubes nanyain buku nikah asli gw soalnya gw cuma foto kopi bagian yang ada nama gw dan suami. Buat kalian ade ade yg belum menikah cukup sertakan foto kopi KK, akte kelahiran dan surat ijin dari orang tua dengan format bahasa Inggris juga

7. Dan lain- lain
Karena saat ini kedubes tidak mewajibkan menyertakan tiket pesawat dan booking hotel. Tapi jika kalian sudah beli tiket pesawat kalian bisa melampirkannya. Kalo gw buat jaga jaga aja gw pake dummy ticket nya thaiairways.com kalian masuk ke websitenya pilih penerbangan tanggal yg sesuai dan setelah bagian purchase kalian pilih bayar di thai office yang ada di Indonesia. Taraaa, booking confirmed dan masuk ke email kalian. Bookingan ini cuma berlaku 2 hari ya guys alias kalian kalo mau lakukan cara ini, kalian bisa booking di malam hari sebelum kalian ke kedubes besok paginya.

Tapi cara ini kurang efektif, kenawhy? karena dummy ticket, bookingan hotel dan itinerary gw yg udah gw print itu dibalikin gaes. Cuma menurut gw gada salahnya sih untuk dilampirin kalo ada buat jaga jaga aja.

8. The Day (August, 2nd 2018)
Waktu itu saking gw terlalu excited, gw ampe ga bisa tidur dimalam hari dan bangun jam 4 subuh bro. Karena gw kepikiran waktu itu belom punya surat referensi bank, akhirnya terniat banget jam 06.30 pagi gw cus dari Cikarang ke KCU Bekasi untuk buat surat referensi bank. Alhamdulillah KCU nya mau nerima saldo gw yang ga banyak banyak banget.



Kelar dari Bank BCA jam 08.45 gw mikir nih masi kepagian juga gw balik, yaudah dengan tekad hati gw lanjut nekad ke Kedubes hari itu juga. Dari rumah gw bawa motor dan setelah googling juga Kedubes ga menyediakan parkir buat motor gw dan gw ga gitu kenal jalanan utama Jakarta yang sekali lu salah belok bakal susah puter baliknya. Akhirnya gw memutuskan naik kereta aja, untuk pertama kali dalam sejarah gw naik commuter line berbekal info temen gw katanya kalo mau ke kedubes korea turun di stasiun Cawang dengan sebelumnya transit di Manggarai.

Begitu sampe di stasiun Cawang gw naik Grab ke kedubes dengan ongkos 9rb, begitu sampe kedubes rasanya perjuangan banget mau kesini aja. Foto foto bentar terus lanjut ke Hana Bank buat beli stamp. Kayanya gw udah terlalu khatam bacain review para blogger tentang apply visa Korea, jadi ga terlalu bingung juga karena Hana Bank nya keliatan dari pas gerbang. Oiya waktu itu gw sampe di Kedubes sekitar jam 11 kurang. Alhamdulillah lagi di Hana Bank ga begitu antri, gw beli visa Stamp Single Entry seharga 576rb per 1 Agustus 2018.


Kelar dari Hana Bank gw langsung ke gedung konsulat yang ada pager kecil tinggi itu. Pas masuk antirian no 34 dan gw dapet antrian 45, udah ga begitu rame sih tapi entah karena udah siang juga gw nyampe sini. Setengah jam kemudian gw baru dipanggil, dan mulus lancar jaya cuma ditanyain buku  nikah asli yang ga gw bawa. Mba mba nya nanya apa aplikasi gw mau kaya gitu aja apa gimana, yaudah mba kaya gitu aja. gw udah hope less aja lah mau di approved apa engga

Setelah itu gw dapet lembaran tanda terima yang bisa kalian ambil kalo misal visanya approved. Kata staf nya kalo buat ambil visa yang udah jadi bisa diwakilkan asal bawa tanda terima ini. Di lembaran tersebut tertulis tanggal 2 Agustus 2018 yaitu pas gw apply visanya dan baru bisa diambbil tanggal 1- Agustus 2018. Kalian bisa mengecek status visa lewat online biasanya keliatan approved atau tidak nya H-1 sebelum tanggal pengambilan.


Komentar

About Me

Travel as much as you can, as far as you can. .