Bikepacker to Jogja

Haiii kali ini saya mau sharing tentang pengalaman liburan naik motor dari Cikarang ke Jogja. Saya pergi berdua dengan suami, by the way kita udah 2x ke Jogja pakai motor. Mei 2016 saya ke Jogja pakai motor Thunder punya suami dan yg ke 2 ini pakai Xride punya saya. Kali ini liburan saya dalam rangka mengisi liburan cuti yg tersisa, karna kalo tidak dipakai akan hangus. Berikut detail perjalanan kami berdua :

DAY 1

Kita berangkat Selasa jam 11 malam, start Cikarang, kita ambil jalur tengah lewat Subang nembus di gunung Ceremai dan keluar di Banjarsari lanjut jalur Selatan karna kami kira lebih cepat tapi ternyata sama aja kalau dibandingkan lewat Pantura malah kayanya lebih lama. Jalur yang kami lewati itu pegunungan, tapi ada enaknya juga sih lewat sini udaranya adem sejuk berbanding terbalik kalau lewat Pantura.

Biaya bensin untuk Xride lewat Jalur ini sekitar 6-7x isi full tank 20rb sekali isi saya lupa tepatnya berapa . Tapi pas sekitar daerah Majengan, suami saya udah ngerasa motor perlu di service ga ngerti apa nya yg rusak. Jadilah kita rest + ganti Fanbelt di dealer Yamaha sekitar 1 jam an. Oh iya Xride saya belum pernah ganti ini itu selama pemakaian 2 tahun  udah 46rb km ini palingan cuma ganti oli + tune up aja, padahal udah dibawa berkelana ke Ujung Genteng, Dieng dan berkali-kali ke Bandung jadi yaa emang udah saat nya minta ganti, biaya ngebengkel 170rb. Kita berhenti dan istirahat dibanyak tempat + service juga akhirnya sampai di Jogja sekitar jam 4 sore langsung check in di Guest House dekat daerah Sewon. Malamnya cuma jalan jalan sekitar Malioboro & selfie di Tugu Jogja sambil cari makan.

DAY 2

Hari ke 2 ini niat awalnya sih pengen ke daerah Imogiri daerahnya kaya Lembang di Bandung kondisi jalan nya mulus cuma naik naik ke puncak gunung gitu. Sebelumnya gw check out dulu dari guest house yg semalem dikarenakan bakal pindah ke kost kost an eksklusif daerah Monjali. Entah kenapa di motor Xride ngadat lagi, kali ini saat dibawa nanjak dia gamau. Kata mabeb sih kayanya kampas ganda yang kena karena bener bener ga bisa dibawa nanjak sama sekali. Daripada nih motor rusak & ga bisa pulang lagi, akhirnya merelakan waktu lagi untuk turun dan cari bengkel resmi Yamaha. Dan benar sekali setelah dibongkar memang bener kampas ganda nya minta ganti dan gw juga ga ngerti apa aja yg diganti yg pasti uang 400 sekian abis untuk ganti Kampas ganda plus printilannya yg gw ga ngerti apaan.

View dari jalan nanjak mau ke daerah Dlingo
Abis dari bengkel kita langsung cuss ke Taman Sari ajah yg deket dari Bengkel Yamaha tadi. Tinggal ikutin Google Maps, cuma 15menit udah sampe deh. Tiket masuk nya cuma 5rb/orang, disini parkiran nya cukup luas dan Water Castle Taman Sari ini dulunya tempat mandinya Keluarga Kerajaan. Tempatnya itu kece bgt buat feed instagram dan pastinya banyak yg kesini cuma buat foto foto.  Cuma 1.5 jam keliling langsung keluar lagi, thats enough for me to take a some picture for my Instagram :D

Kelar dari Taman Sari kita cuss menuju Penginapan berikutnya di daerah Monjali, tadinya gw mikir keras Monjali tuh apa yaa aneh juga berasa singkatan ala ala nama jalan tol. Eh bener ternyata nama jalannya Monjali karena penginapannya deket banget sama Monumen Jogja Kembali. Begitu sampe kita langsung check in untuk 2hari kena 330rb waktu itu booking lewat agoda dan bayar ditempat. Menurut gw sih worth it banget ini penginapan soalnya fasilitasnya oke punya ada AC, Led TV, kamar luas, ada kasur lipat gitu jadi bisa buat bertiga, kamar mandi didalam juga, cuma ya gt ga dapet sarapan. Tapiiiiiiii, masih bisa numpang masak mie di dapur bersama hiihihi

Abis gelar gelor bentar gegara kepanasan tadi dijalan, kita langsung otw lagi ke Prambanan jam 2 siang. Sebelumnyaaa isi perut dulu biar ga laper nanti disana :D Kita makan di Sambel Layah, tempat makan favorite selama di daerah Jawa Tengah. Kenapa favorite karna paket ayam nasi tempe plus es teh manis cuma 11rb, ya namanya Bikepacker jadi harus irit hihi. Jam 3.30 sore kita sampe di parkiran Prambanan, ada perbedaan dari 2 taun yg lalu parkiran motor sekarang jadi bagus yeeeey. Sebenernya ini udah 2x ke parkiran Prambanan, iya parkirannya karna 2 taun kemarin cuma sampe parkiran gegara bawa uangnya cuma sedikit dan harus pilih Prambanan atau ke Borobudur. Tiket masuk Candi Prambanan untuk dewasa 40rb/orang, ada juga paket Candi2 lainnya lebih murah sih kalo dibandingin beli tiket satuan.

Gw sama laki gw lumayan lama disini sekitar 2 jam sampai Matahari udah oren2 gitcu. Pulang dari Prambanan mampir lagi karna mabeb ngajakin nonton Ready Player One jadilah kita nonton midnnght di XXI Empire karna pas banget lewat daerah situ. First time nonton film di kota selain Jabodetabek :D Berakhirlah perjalanan yg panjang hari ini. next Day 3 dan perjalanan pulang di thread ada disini.